Juventus Primadona Bintang Gratisan

Juventus kembali membuat gebrakan di bursa transfer jelang musim baru. Tim asal Turin mendatangkan dua pemain dengan kategori bintang, Aaron Ramsey dan Adrien Rabiot, secara gratis.


Ramsey dan Rabiot memang tidak masuk kategori pemain abal-abal. Di klub sebelumnya, keduanya adalah pemain kunci di lini tengah.

Ramsey merupakan bagian penting di lini tengah Arsenal sejak bergabung dari Cardiff City musim 2008/2009. Namun, kebersamaan pemain asal Wales dengan The Gunners harus berakhir pada musim lalu.


Lihat juga: Kualat Membawa Nikmat Fakhri Husaini
Arsenal dikabarkan tidak bersedia memenuhi permintaan kenaikan gaji dua kali lipat yang diminta Ramsey. Pada akhirnya, Ramsey memilih pergi dan menerima tawaran Juventus.

Aaron Ramsey direkrut secara gratis dari Arsenal.Aaron Ramsey direkrut secara gratis dari Arsenal. (Reuters/John Sibley)
Rambo, panggilan Ramsey, akan mendapatkan gaji €8 juta atau setara Rp130 miliar per tahun. Gaji yang diterimanya hanya kalah dari Cristiano Ronaldo sebelum Rabiot datang.

Sama seperti Ramsey, Rabiot juga pergi karena ada perselisihan dengan manajemen Paris Saint-Germain. Bahkan, pemain berambut ikal itu disisihkan dari tim utama karena persoalan tersebut.

Lihat juga: Khabib: McGregor Jangan Bikin Ulah Tonton Saya Bertarung
Meski diminati banyak klub top, Rabiot akhirnya memilih Juventus. Bianconeri pun bisa dikatakan untung besar karena bisa mendapatkan Ramsey dan Rabiot dengan status bebas transfer.

Kedatangan dua pemain ini jadi bukti pesona Juventus sebagai salah satu klub top di dunia tak luntur. Uniknya lagi, tim yang berdiri 1 November 1897 itu bukan klub yang doyan memecahkan rekor pembelian pemain di tengah 'kegilaan' transfer dalam waktu satu dekade terakhir.

Adrien Rabiot jadi pemain kedua yang didapat secara gratis musim ini.Adrien Rabiot jadi pemain kedua yang didapat Juventus secara gratis musim ini. (Anne-Christine POUJOULAT / AFP)
Juventus tetap jadi tujuan pemain berlabel bintang, bersaing dengan klub terkemuka benua Biru macam Barcelona maupun Real Madrid. Bahkan, pesona mereka bisa mengalahkan Manchester City yang menggoda banyak pemain berkat aliran dana tak terbatas dari Qatar Sports Investments maupun Manchester United yang mulai kesulitan menarik minat pemain papan atas.

Dua pemain mahal yang didatangkan Juventus hanya Ronaldo (‎€117 juta) dan Gonzalo Higuain (‎€90 juta). Pembelian Ronaldo bahkan hanya ada di peringkat kelima dalam daftar pemain termahal.

Lihat juga: Tite: Brasil Sukses Hentikan Messi 'Si Alien'
Empat pemain di atasnya adalah Neymar (‎€222 juta, PSG), Philippe Coutinho (‎€145 juta, Barcelona), Kylian Mbappe (‎€135 juta, PSG), dan Ousmane Dembele (‎€125 juta, Barcelona).

Di luar pembelian itu, manajemen Juventus tetap menggunakan pakem mereka yaitu mendatangkan pemain bintang dengan pengeluaran seminimal mungkin. Strategi itu sudah berlangsung sejak 2009 silam seiring kedatangan Fabio Cannavaro dan disusul Luca Toni setahun berselang.

Andrea Pirlo salah satu pembelian gratis terbaik Juventus.Andrea Pirlo salah satu pembelian gratis terbaik Juventus. (REUTERS/Dylan Martinez)
Kedatangan Beppe Marotta sebagai Direktur Umum tahun 2011 turut melanjutkan tren merekrut pemain juara secara gratis. Marotta berhasil meyakinkan Andrea Pirlo meninggalkan AC Milan untuk masuk dalam proyek besar yang dibangun Juventus.

Kehadiran Pirlo terbukti memberikan dampak signifikan untuk tim. Bersama Pirlo, Juventus meraih empat gelar Serie A Italia secara beruntun, dua gelar Piala Super Italia, dan trofi Coppa Italia, hingga akhirnya ia pergi ke klub Major League Soccer, New York City, tahun 2015.

Pada 2012, manajemen Juventus berhasil mendapatkan Paul Pogba dan bek tangguh asal Brasil, Lucio, dengan cara yang serupa. Pogba bahkan tampil cemerlang di Juventus hingga akhirnya Manchester United merekrutnya kembali dengan harga fantastis ‎€105 juta.

Di tahun-tahun berikutnya, Juventus kembali kedatangan pemain bintang tanpa uang sepeser pun. Dua di antaranya adalah Sami Khedira yang mulai kehilangan tempat di Madrid hingga Dani Alves yang sudah meraih segalanya di Barcelona.

Khedira datang ke Juventus tahun 2015 dan langsung jadi andalan utama pelatih Juventus kala itu, Massimiliano Allegri, di lini tengah. Semusim berselang, Alves berhasil diyakinkan untuk bermain di Stadion Allianz.

Paul Pogba didapat gratis dijual dengan harga selangit.Paul Pogba didapat gratis dijual dengan harga selangit. (Giorgio Perottino)
Jika mengacu data yang ada sudah puluhan pemain didatangkan Juventus dengan gratis. Di luar nama-nama di atas masih ada Neto, Kingsley Coman, Fernando Llorente, hingga Emre Can. Semua pemain yang didatangkan itu bisa dibilang cukup berkontribusi buat Si Nyonya Besar.

Dalam sesi wawancara dengan La Gazzetta dello Sport, Khedira pernah mengungkapkan bahwa ia mengambil keputusan tepat dengan pergi dari Madrid dan menerima pinangan Juventus.

Juventus Primadona Bintang Gratisan

"Saya berada dalam periode terbaik karier saya. Saya dalam kondisi yang baik dan berada di jalan yang benar," ujarnya.

"Bergabung ke Juventus adalah pilihan tepat. Saya berkembang sebagai seorang pemain di sini dan jadi lebih fleksibel dari sisi taktik." (bac)