Dubes Inggris yang Hina Trump Mengundurkan Diri

 Duta Besar Inggris untuk Amerika Serikat, Kim Darroch, dilaporkan mengundurkan diri dari jabatannya, setelah isi kawat diplomatiknya kepada pemerintah bocor. Dalam laporan itu dia menyebut Presiden Donald Trump tidak cakap dan ceroboh dalam memimpin.


Seperti dilansir nana, Rabu (10/7), kabar pengunduran diri Darroch disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Inggris. Trump pada Senin lalu sudah memberikan pernyataan dia enggan berurusan lagi dengan Darroch.
Lihat juga: Memo Rahasia Bocor, Mendag Inggris Minta Maaf ke Ivanka Trump
Dalam sebuah surat yang dikirimkan kepada Wakil Kepala Badan Urusan Luar Negeri dan Persemakmuran, Simon McDonald, Darroch menyatakan dia tidak sanggup lagi menjalankan tugas.

"Dalam situasi saat ini sepertinya mustahil bagi saya untuk menjalankan tugas. Meskipun masa tugas saya belum selesai sampai akhir tahun ini, saya meyakini dalam keadaan seperti ini menunjuk duta besar baru adalah langkah yang bertanggung jawab," tulis Darroch.


Dalam acara debat kandidat perdana menteri Inggris yang digelar kemarin, salah satu calon yakni Boris Johnson menyatakan dia tidak akan mendukung Darroch. Meski begitu, sampai saat ini Darroch belum memberikan jawaban saat dikonfirmasi langsung.
Lihat juga: Dihina Dubes Inggris, Trump Serang Theresa May soal Brexit
Dalam kawat diplomatik itu, Darroch menyatakan situasi Gedung Putih di bawah pemerintahan Trump berisi 'orang-orang yang saling tikam'. Dia juga menyatakan pemerintahan Trump bisa berakhir dengan memalukan.

Akibat hal itu, PM Inggris Theresa May, sudah menyampaikan penyesalan. Namun, dia juga menyatakan pemerintah berutang budi atas jasa Darroch.
Lihat juga: Trump Serang Balik Dubes Inggris karena Hina Gedung Putih
Sebagai balasan, Trump melalui akun Twitter menyebut Darroch sebagai pribadi bodoh dan gila. (ayp/ayp)