Nama 4 Tersangka Penembak Jatuh Pesawat MH17 Diungkap ke Publik

Amsterdam - Para penyidik internasional untuk pertama kali membeberkan empat nama tersangka yang menembak jatuh pesawat Malaysia Airlines MH17 pada Juli 2014. Surat perintah penangkapan juga dirilis untuk para tersangka yang terdiri atas tiga warga Rusia dan satu warga Ukraina.

Seperti dilansir AFP, Rabu (19/6/2019), tim penyidik internasional yang dipimpin Belanda menyatakan bahwa mereka akan mengadili tiga warga Rusia bernama Igor Girkin, Sergey Dubinskiy dan Oleg Pulatov juga satu warga Ukraina, Leonid Kharchenko. Keempatnya akan diadili karena menembak jatuh MH17.

"Hari ini kami akan mengirimkan surat perintah penangkapan internasional untuk tersangka pertama yang akan kami adili. Mereka juga akan dimasukkan ke dalam daftar buronan nasional dan internasional," tutur Kepala Kepolisian Nasional Belanda, Wilbert Paulissen, dalam konferensi pers.


Jaksa Belanda, Fred Westerbeke, menyatakan bahwa keempat tersangka 'akan dimintai pertanggungjawaban karena membawa senjata mematikan, BUK Telar, ke wilayah Ukraina Timur'. 

Pada Mei 2018, tim penyidik yang sama menyatakan bahwa rudal antipesawat BUK yang mengenai pesawat jenis Boeing 777 pada Juli 2014 berasal dari brigade militer Rusia ke-53 yang bermarkas di kota Kursk, Rusia bagian barat daya. 

Secara terpisah, keluarga korban mengungkapkan mereka telah diberitahu bahwa persidangan terhadap empat tersangka akan mulai digelar di Belanda pada Maret 2020 mendatang. 


Namun kemungkinan besar para tersangka akan diadili secara in-absentia karena Rusia tidak mengizinkan warganya dikirimkan ke luar negeri untuk diadili. Sementara itu, keberadaan tersangka asal Ukraina, Kharchenko, tidak diketahui pasti saat ini. 

Tragedi MH17 dilaporkan menewaskan 298 orang yang sebagian besar warga Belanda. Terdapat sedikitnya 12 warga negara Indonesia (WNI) di antara korban tewas.