Kisah Mentri Susi ,Tentang Pengalamannnya LEbaran Di Ibukota


Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti untuk pertama kalinya menggelar acara open house hari raya Idul Fitri di Jakarta. Biasanya, sejak menjadi menteri pada 2014 lalu setiap hari raya Susi pasti akan berlebaran di kampung halamannya yang berlokasi di Pangandaran, Jawa Barat. 


Diakui Susi, tahun ini dia memang dengan sengaja menggelar open house di Jakarta. Sebab menurutnya ada keharusan tak tertulis supaya para pejabat menggelar open house di kediaman di Jakarta. 

"Karena katanya ada tradisi pejabat juga sekali waktu harus open house, sudah saya lakukan," kata Susi ditemui di kediamannya di kawasan Widya Candra, Jakarta, Kamis (6/6) malam. 


Susi sendiri mengaku memiliki tradisi berlebaran bersama warga kampungnya di Pangandaran. Hal itu dia lakukan bahkan sebelum dia menjabat sebagai menteri. Dia pun mengaku baru kali ini berlebaran di Jakarta tanpa tetangga-tetangganya di Pangandaran


"Kalau biasanya kan saya tidak pernah lebaran di Jakarta, baru kali ini lebaran di Jakarta, biasanya saya pulang ke kampung sama keluarga kumpul," kata Susi. 

Dia pun mengenang kegiatan lebaran di kampung yang memang hangat. Kata Susi, biasanya saat lebaran di Pangandaran semua keluarganya akan berkumpul. Orang-orang di Pangandaran pun akan berbondong-bondong datang ke kediamannya untuk merayakan Lebaran bersama. 


"Yang dari mana-mana kumpul kalau biasanya yang paling penting ya orang Pangandaran, anak-anak, janda, bapak-bapak yang tua kan datang ke rumah, kita suguhin makan ya rame-rame bersama, nyenengin masyarakat," kata Susi. 

Dalam kesempatan itu, Susi juga bercerita soal menu makanan yang dia sajikan untuk menjamu tamunya yang hadir dalam open house di Jakarta. 


Berbeda dengan di Pangandaran, tamu-tamu yang hadir ke kediamannya di Jakarta kebanyakan adalah Duta Besar dan pejabat lembaga serta beberapa pengusaha. Susi pun menyajikan berbagai panganan laut untuk disantap para tamunya ini. 

"Tadi siang menu ikan sepanjang siang, sekarang ada udang, ada salad udang, ada sambel ikan teri, ada ikannya. Tadi siang memang menunya semua seafood," kata Susi. 

"Saya takut tamu bosan, sayanya juga terlalu banyak kalau ikan terus bosan. Jadi diseling-seling tapi tadi hampir semuanya ikan," kata Susi.