Inggris Naik Peringkat Ketiga ,Setelah Kalahkan Swiss


Timnas Inggris menempati peringkat ketiga UEFA Nations League usai menang 6-5 atas Swiss lewat adu penalti di Stadion D. Alfonso Henriques, Minggu (9/6).




Swiss menekan Inggris lebih dulu lewat Kevin Mbabu tetapi hanya membuahkan tendangan gawang untuk lawan. Sebaliknya, serangan Inggris di menit kedua membuat Swiss khawatir setelah lob dari Harry Kane menyentuh mistar gawang.


Swiss dan Inggris bergantian mengontrol permainan. Di pertengahan babak pertama Granit Xhaka mencoba peruntungannya lewat tendangan dari luar kotak penalti, namun tak menemui sasaran.


Di menit ke-36 gilitan Inggris yang menciptakan peluang. Trent Alexander-Arnold melepaskan umpan silang dari sisi kanan ke kotak penalti Swiss, bola tersebut langsung disambut Dele Alli dengan sundulan yang melayang tipis di atas mistar.

Meskipun ada beberapa peluang lain yang tercipta, tetapi kedua tim tidak bisa mencetak gol di babak pertama.


Pada babak kedua timnas Inggris lebih mendominasi permainan atas Swiss. Peluang kedua tim di paruh kedua relatif seimbang. Baik Inggris atau Swiss sama-sama menciptakan bahaya di pertahanan lawan.

Di menit ke-80 bek Harry Maguire melepaskan sundulan menyambut umpan Alexander-Arnold. Tetapi sundulan Maguire masih melebar.


Timnas Inggris bisa membobol gawang Swiss di menit ke-84 lewat sontekan Callum Wilson. Gol itu bermula dari sundulan Dele Alli yang lebih dahulu membentur mistar gawang hasil umpan Raheem Sterling.

Bola liar hasil rebound dari sundulan Alli langsung disambut sontekan Callum Wilson yang masuk ke dalam gawang. Tetapi, setelah melihat tayangan ulang melalui teknologi VAR, wasit Ovidiu Hategan justru menganulir gol tersebut lantaran menilai Wilson dalam posisi offside.

Tanpa disahkannya gol Wilson, kedua tim tetap bermain imbang 0-0 dan pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Di babak tambahan pertama Inggris memiliki banyak peluang, di antaranya Sterling yang gagal cetak gol karena bola lebih dulu ditangkap kiper Yann Sommer dan sundulan Eric Dier yang masih melebar. Di babak tambahan kedua Inggris dan Swiss sama-sama berupaya menekan, tetapi skor tetap imbang 0-0 dan memaksa laga dilanjutkan ke adu penalti.

Di babak adu penalti, Harry Maguire, Ross Barkley, Jadon Sancho, Sterling, Jordan Pickford, Eric Dier sukses cetak gol untuk Inggris. Sementara Swiss hanya bisa membalas lewat Steven Zuber, Granit Xhaka, Manuel Akanji, Kevin Mbabu, Fabian Schar. Josip Drmic yang jadi penendang terakhir gagal cetak gol.